Kami Percaya

Apakah benar-benar penting apa yang diyakini dan diajarkan oleh kepemimpinan gereja? Benar. Yesus datang dengan ide “gereja” dan memiliki tujuan dan misi yang unik untuk kita penuhi. Jadi, sangat penting bahwa kita, sebagai gereja, percaya, mengajar, dan menghayati kebenaran yang Yesus ajarkan dan dukung. Jadi jika Anda seorang mukmin yang ingin terhubung dengan keluarga gereja dan sedang mempertimbangkan keanggotaan, kepercayaan doktrinal gereja adalah faktor pertama dan terpenting dalam keputusan Anda.

Kami ingin dapat menyampaikan apa yang kami yakini dengan dua cara. Pertama, kami menawarkan “versi singkat” yang menangkap tidak hanya apa yang kami yakini, tetapi mengapa itu penting bagi kami. Dan kedua, kami menawarkan “versi terperinci” yang sengaja lebih teknis dan lebih rinci karena, ketika menyangkut doktrin, ketepatan dan kejelasan sangat penting. Jadi, baca versi singkatnya, dan pelajari yang kedua …

VERSI SEDERHANA

Tuhan itu nyata. Dia Mahakuasa, Mahatahu, dan sepenuhnya bertanggung jawab atas arah sejarah yang sedang bergerak. Dia adalah Tritunggal: Bapa, Anak, dan Roh Kudus. Dia menciptakan segalanya dan semua orang dan setiap orang sangat berarti baginya. Setiap orang telah berdosa, sehingga setiap orang membutuhkan Yesus, yang mati untuk dosa-dosa kita, bangkit kembali dari antara orang mati, dan akan datang kembali. Keselamatan adalah melalui anugerah saja melalui iman saja kepada Yesus Kristus saja, dan begitu Anda diselamatkan, Anda selalu selamat disimpan.

Surga dan neraka itu nyata, demikian pula malaikat dan iblis, termasuk Setan. Roh Kudus hidup dalam setiap orang percaya dan memberdayakan dan memberi kita karunia untuk hidup dan melayani. Alkitab, yang adalah Firman Tuhan, adalah benar dan kuat. Baptisan adalah ketika orang percaya dicelupkan ke dalam air, bukan untuk keselamatan tetapi untuk memberi tahu dunia bahwa kita mengikuti Yesus. Komuni adalah peringatan kematian Yesus. Yesus memulai gereja sebelum kematian-Nya, melindunginya sepanjang zaman, dan menugaskan gereja untuk memberi tahu dunia tentang-Nya. Dan apa pun yang terjadi, selalu ada harapan.

VERSI LENGKAP

TENTANG TUHAN

Tuhan adalah pencipta dan penguasa alam semesta. Dia telah ada secara kekal dalam tiga pribadi – Bapa, Anak, dan Roh Kudus. Ketiganya setara dan satu Tuhan.

Kejadian 1: 1, 26, 27; 3:22; Mazmur 90: 2; Matius 28:19; 1 Petrus 1: 2; 2 Korintus 13:14

TENTANG MANUSIA

Manusia diciptakan menurut gambar rohani Allah, untuk menjadi seperti dia dalam karakter. Dia adalah objek tertinggi dari ciptaan Tuhan. Meskipun manusia memiliki potensi luar biasa untuk kebaikan, ia dirusak oleh sikap tidak taat kepada Allah yang disebut “dosa.” Sikap ini memisahkan manusia dari Allah.

Kejadian 1:27; Mazmur 8: 3-6; Yesaya 53: 6a; Roma 3:23; Yesaya 59: 1, 2

TENTANG KEKEKALAN

Manusia diciptakan untuk ada selamanya. Ia akan hidup secara terpisah dari Allah oleh dosa atau dalam persatuan dengan Allah melalui pengampunan dan keselamatan. Terpisah selamanya dari Tuhan adalah neraka. Untuk selamanya bersatu dengan dia adalah hidup yang kekal. Surga dan neraka adalah tempat keberadaan abadi.

Yohanes 3:16; 1 Yohanes 2:25; 1 Yohanes 5: 11-13; Roma 6:23; Wahyu 20:15; Matius 25: 31-46

TENTANG YESUS KRISTUS

Yesus Kristus adalah Anak Allah. Ia sejajar dengan Bapa. Yesus hidup dalam kehidupan manusia yang tidak berdosa dan mempersembahkan diri sebagai korban yang sempurna untuk dosa semua manusia dengan mati di kayu salib. Dia bangkit dari antara orang mati setelah tiga hari untuk menunjukkan kuasa-Nya atas dosa dan kematian. Dia naik ke kemuliaan surga dan akan kembali lagi ke bumi untuk memerintah sebagai Raja segala Raja dan Tuan segala Tuan.

Matius 1:22, 23; Yesaya 9: 6; Yohanes 1: 1-5, 14: 10-30; Ibrani 4:14, 15; 1 Korintus 15: 3, 4; Roma 1: 3, 4; Kisah Para Rasul 1: 9-11; 1 Timotius 6:14, 15; Titus 2:13

TENTANG KESELAMATAN

Keselamatan adalah hadiah dari Tuhan kepada manusia. Manusia tidak akan pernah bisa menebus dosanya melalui perbaikan diri atau perbuatan baik – hanya dengan percaya kepada Yesus Kristus sebagai tawaran pengampunan dari Tuhan, manusia dapat diselamatkan dari hukuman dosa. Kehidupan kekal dimulai saat seseorang menerima Yesus Kristus ke dalam hidupnya dengan iman.

Roma 6:23; Efesus 2: 8, 9; Yohanes 14: 6, 1:12; Titus 3: 5; Galatia 3:26; Roma 5: 1

TENTANG PERLINDUNGAN ABADI

Karena Allah memberi manusia hidup kekal melalui Yesus Kristus, orang percaya aman dalam keselamatan untuk kekekalan. Keselamatan dipertahankan oleh kasih karunia dan kuasa Allah, bukan oleh usaha orang Kristen.

Yohanes 10:29; 2 Timotius 1:12; Ibrani 7:25; 10:10, 14; 1 Petrus 1: 3-5

TENTANG ROH KUDUS

Roh Kudus setara dengan Bapa dan Putra sebagai Allah. Dia hadir di dunia untuk membuat manusia sadar akan kebutuhan mereka akan Yesus Kristus. Dia juga hidup dalam setiap orang Kristen sejak saat keselamatan. Ia memberi orang Kristen kekuatan untuk hidup, memahami kebenaran rohani, dan bimbingan dalam melakukan apa yang benar. Orang Kristen berusaha hidup di bawah kendalinya setiap hari.

2 Korintus 3:17; Yohanes 16: 7-13, 14:16, 17; Kisah Para Rasul 1: 8; 1 Korintus 2:12, 3:16; Efesus 1:13; Galatia 5:25; Efesus 5: 1

TENTANG ALKITAB

Alkitab adalah firman Tuhan untuk semua orang. Itu ditulis oleh penulis manusia, di bawah bimbingan Roh Kudus supernatural. Ini adalah sumber kebenaran tertinggi bagi kepercayaan dan kehidupan Kristen. Karena itu diilhami oleh Tuhan, itu adalah kebenaran tanpa campuran kesalahan.

2 Timotius 3:16; 2 Petrus 1:20, 21; 2 Timotius 1:13; Mazmur 119: 105.160, 12: 6; Amsal 30: 5

TENTANG BABTISAN AIR

Pembaptisan dengan pencelupan melambangkan kematian, penguburan, dan kebangkitan Yesus dan merupakan pernyataan umum Anda bahwa Anda telah menerima Yesus Kristus sebagai Juruselamat pribadi Anda. Baptisan tidak menyelamatkan Anda, tetapi menunjukkan kepada dunia bahwa Anda telah diselamatkan. Dan sementara baptisan tidak diperlukan untuk keselamatan, itu adalah perintah alkitabiah dan menunjukkan kasih dan kepatuhan Anda kepada Kristus.

Kolose 2:12; Kisah Para Rasul 2:41; Efesus 2: 8-9; Matius 28: 19-20

TENTANG PERJAMUAN KUDUS / KOMUNI

Komuni, atau Perjamuan Tuhan, adalah tata cara yang diberikan kepada semua orang percaya oleh Yesus Kristus untuk mengingat pengorbanannya bagi kita dan untuk melambangkan perjanjian baru. Unsur-unsur roti dan anggur atau jus adalah simbol dari tubuh Kristus yang hancur dan menumpahkan darah. Persekutuan bukanlah sarana keselamatan. Sebaliknya, itu adalah bukti iman orang percaya dalam karya penebusan salib.

Matius 26: 26-30; Markus 14: 22-26; Lukas 22: 19,20; 1 Korintus 11: 23-29